Download Ebook Gratis - Tutorial - Cara - Games

Pengaturan NAT

No comments
NAT atau Network Address Translation merupakan salah satu fasilitas router Mikrotik untuk meneruskan paket dari IP publik ke IP tujuan (lokal). Pada dasarnya golongan IP lokal tidak dapat digunakan untuk mengakses internet, IP local tersebut hanya dapat digunakan pada suatu jaringan LAN. Maka dari itu, fitur NAT yang ada pada Mikrotik berfungsi untuk menutupi alamat IP lokal dengan sebuah alamat IP Publik, dengan begitu alamat IP lokal pun dapat mengakses internet karena memiliki IP publik yang menutupinya.

NAT berperan penting dalam menghubungkan komputer client ke internet melalui Mikrotik. Topologinya adalah sebagai berikut

Komputer Client => Switch => Mikrotik (NAT) => Modem => Internet

Terdapat dua jenis NAT, yaitu Source NAT(srcnat) serta Destination NAT(dstnat). Jika tanpa NAT, maka komputer client tidak akan bisa mengakses gateway internet termasuk juga mengakses internet atau DNS server.

Maka dari itu harus diberikan konfigurasi NAT terlebih dahulu agar semua client yang terhbung mampu mengakses internet.

Berikut langkah-langhkah untuk mengkonfigurasi NAT melalui terminal :
  1. 1. Buka terminal Mikrotik
  2. 2. Cek terlebih dahulu konfigurasi NAT default pada Mikrotik dengan mengetikkan perintah "ip firewall nat print", dapat anda lihat bahwa konfigurasi NAT belum ada sama sekali. Sebelum menambahkan konfigurasi ada beberapa informasi yang harus Anda perhatikan, diantaranya:
    1. A. Action. Merupakan aksi yang dilakukan pada paket. Pada Action kali ini Anda harus mengisikan dengan "masquarerade".
    2. B. Chain. Merupakan proses yang akan dialami oleh paket (srcnat/dstnat).
    3. C. Out-interface. Interface pada Mikrotik seagai jalur transfer keluarnya paket.
  3. Untuk menambahkan konfigurasi NAT ketikkan perintah "ip firewall nat add action = masquerade chain=srcnat out-interface=[interface yang menuju gateway internet]".
  4. Cek kembali konfigurasi NAT dengan perintah "ip firewall nat print", pastikan sudah terdapat 1 konfigurasi NAT yang muncul.

No comments :

Post a Comment